Minggu, 17 Maret 2013

MAKALAH KEWARGANEGARAAN

 TUGAS MAKALAH SOFTSKILLS CINTA TANAH AIR (PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN )

TUGAS MAKALAH SOFTSKILLS

CINTA TANAH AIR

( PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN )



DISUSUN OLEH :

NAMA        : ASTINUS PASKANDO

KELAS       : 2DB03

NPM           : 31111271


























UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS ILMU KOMPUTER









KATA PENGANTAR


Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Pengasih, karena atas berkat dan rahmat-Nyalah tugas dari dosen Pendidikan Kewarganegaraan yang pokok pembahasannya tentang CINTA TANAH AIR ini dapat terwujud.


Tugas makalah ini saya susun berdasarkan referensi-referensi yang saya dapatkan. Dalam makalah ini disajikan materi mengenai cinta tanah air. Semua ini bertujuan agar kita dapat lebih mengenal tanah air kita dan mencintai tanah air kita. Saya  berharap  makalah ini dapat memberikan  manfaat bagi kita semua.


Saya menyadari bahwa banyak uraian dalam makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, segala saran dan kritik akan menjadi masukan yang berharga untuk perbaikan di masa yang akan datang.


Saya menyampaikan terima kasih kepada dosen  mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dan teman-teman yang telah membamtu dalam menyelesaikan tugas ini.
Jakarta, Februari 2013

DAFTAR ISI :
Kata pengantar………………………………………………………………………………………………………………v
Daftar isi………………………………………………………………………………………………………………………vi
  1. Pendahuluan ……………………………………………………………………………………………………..1
  2. Menanamkan rasa cinta tanah air…………………………………………………………………………..2
  3. Menanamkan moral dasar mental bangsa……………………………………………………………….4
  4. Pembangunan nasional…………………………………………………………………………………………5
  5. Cara cinta tanah air………………………………………………………………………………………………5
  6. Kesimpulan ………………………………………………………………………………………………………..7
  7. Daftar pustaka …………………………………………………………………………………………………….8
vi
CINTA TANAH AIR


A. Pendahuluan

Rasa cinta tanah air atau nasionalisme dalam tulisan ini adalah rasa kebanggaan, rasa memiliki, rasa menghargai, rasa menghormati dan loyalitas yang dimiliki oleh setiap individu pada negara tempat ia tinggal yang tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya, mencintai adat atau budaya yang ada dinegaranya dengan melestarikannya dan melestarikan alam dan lingkungan.
Rasa cinta tanah air dan bangsa yang terangkum dalam semangat patriotisme harus selalu tertanam dalam setiap sanubari rakyat Indonesia. Apalagi, akhir-akhir ini rasa nasionalisme tersebut kian dirasakan tidak sekuat dahulu. Untuk itu perlu digalakan kembali semangat kebangsaan ini. Semangat inilah yang ingin juga ditumbuhkembangkan demi menciptakan generasi yang sangat mencintai tanah tumpah darahnya.
Generasi “founding fathers” pada masa penjajahan berhasil membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa yang pada akhirnya berhasil memerdekakan bangsa Indonesia. Kalau saja rasa cinta tanah air dan bangsa sekali lagi bisa menjadi faktor yang memotivasi bangsa Indonesia, ada kemungkinan bangsa Indonesia akan bisa bangkit kembali dengan masyarakatnya bisa menghasilkan karya-karya yang membanggakan kita sebagai bangsa
Individu yang memiliki rasa cinta pada tanah airnya akan berusaha dengan segala daya upaya yang dimilikinya untuk melindungi, menjaga kedaulatan, kehormatan dan segala apa yang dimiliki oleh negaranya. Rasa cinta tanah air inilah yang mendorong perilaku individu untuk membangun negaranya dengan penuh dedikasi. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu yang menjadi warga dari sebuah negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.
1
B. Menanamkan rasa cinta tanah air
Rasa Cinta Tanah Air dapat ditanamkan kepada anak sejak usia dini agar dapat menjadi manusia yang dapat menghargai bangsa dan negaranya misalnya dengan upacara sederhana setiap hari Senin dengan menghormat bendera Merah Putih, menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan mengucapkan Pancasila. Meskipun lagu Indonesia Raya masih sulit dan panjang untuk ukuran anak usia dini, tetapi dengan membiasakan mengajak menyanyikannya setiap hari Senin, maka anak akan hafal dan bisa memahami isi lagu. Merah Putih bisa diangkat menjadi sub tema pembelajaran.Pentingnya sebuah lagu kebangsaan dan itu menjadi sebagai identitas dari negara tersebut, agar dapat mengingatkan kembali betapa pentingnya cinta terhadap negara.
Pendidikan merupakan bagian dari sistem atau subsistem yang memiliki tujuan akhir yang bermuara pada pembangunan sebuah negara baik pembangunan jiwa maupun raga setiap warga dari sebuah negara atau yang biasa disebut sebagai sebuah bangsa. Sistem pendidikan nasional di Indonesia pun merupakan sebuah subsistem dari pembangunan nasional.
Tujuan pendidikan adalah untuk memajukan budi pekerti sehingga seorang individu menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur dan mampu mencapai kesempurnaan hidup sehingga mampu hidup selaras dengan alam dan masyarakatnya. Namun mengapa perilaku membuang sampah sembarangan, membuang limbah tanpa pengolahan terlebih dahulu, eksploitasi hasil hutan, eksploitasi hasil tambang, dan perilaku yang mengeksploitasi dan merusak alam lainnya masih sering kita dengar, lihat dan rasakan dinegara kita. Realitas juga menunjukkan bahwa negara kita tidak hanya mengalami kerusakan secara fisik yang terlihat dari rusaknya alam, tetapi juga mengalami kerusakan jiwa atau kerusakan psikologis yang tampak dari perilaku-perilaku yang berujung pada kerugian yang harus ditanggung oleh rakyat itu sendiri salah satunya :
Perilaku merusak alam akan memberikan dampak fisik maupun psikis yang luar biasa tidak hanya pada masyarakat yang tinggal disekitar daerah yang rusak namun juga menimbulkan kerugian yang besar bagi negara kita. Kasus eksploitasi hasil hutan seperti penebangan kayu illegal atau yang dikenal dengan illegal logging yang terjadi diberbagai wilayah Indonesia merupakan salah satu contoh perilaku merusak alam lingkungan yang telah memberikan kerugian materiil yang sangat berarti bagi negara. Selain menyebabkan kerugian materiil, penebangan kayu ilegal juga telah menyebabkan rusaknya ekosistem hutan yang proses rehabilitasinya dapat menelan biaya yang tidak sedikit dalam kurun waktu yang cukup lama pula. Kerusakan ekosistem hutan akibat penebangan ilegal juga telah menyebabkan suku Anak Dalam kehilangan habitatnya. Semburan lumpur Lapindo akibat ingin mengeksploitasi minyak yang terkandung didalam tanah juga telah menyebabkan warga sidoarjo, porong dan sekitarnya kehilangan habitat yang juga menyebabkan rusaknya tatanan masyarakat didaerah tersebut dan sekitarnya
2
Ilmu pengetahuan yang disampaikan dalam proses pendidikan yang berbasis nilai-nilai budaya lokal dan nasional adalah mengenai adat istiadat lokal yang ada didaerah tersebut dan adat istiadat yang diakui dan dijadikan identitas bangsa. Mengingat Indonesia adalah negara yang multi-budaya maka muatan pendidikan budaya lokal yang terimplementasi dalam bentuk kurikulum budaya lokal akan berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya dalam model pendidikan ini. Sedangkan kurikulum yang bermuatan budaya nasional akan sama antara satu daerah yang satu dengan daerah yang lain. Selain membagi dan berbagi pengetahuan mengenai adat istiadat lokal dan nasional, nilai-nilai budaya bersama juga harus disampaikan dalam proses pendidikan yang berbasis nilai-nilai budaya lokal dan nasional.
Pengetahuan mengenai adat istiadat lokal maupun nasional dan pemahaman mengenai nilai-nilai bersama sebagai hasil dari proses pendidikan berbasis nilai-nilai budaya lokal dan nasional akan membentuk manusia Indonesia yang bangga terhadap tanah airnya. Rasa kebanggaan ini akan menimbulkan rasa cinta pada tanah airnya yang kemudian akan direalisasikan dalam perilaku melindungi, menjaga kedaulatan, kehormatan dan segala apa yang dimiliki oleh negaranya.
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan manusia tentang negara dan bangsanya mulai berkembang pada usia lima tahun. Pada usia itu, anak mulai mengidentifikasi dirinya sebagai bagian dari suatu bangsa. Hal itu juga disertai pengetahuan geografi dasar seperti mengenali nama ibu kota negara tempat ia tinggal, bendera negara, dan sebagainya. Pada usia sepuluh tahun, anak mulai dapat menggambarkan karakteristik-karakteristik yang menjadi ciri khas bangsanya. Di Indonesia, hal ini diperkuat dengan disusunnya kurikulum pendidikan kewarganegaraan di tingkat sekolah dasar dan menegah. Secara langsung, anak Indonesia diajar untuk mengenali karakteristik bangsanya sesuai petunjuk buku pegangan sekolah : murah senyum, suka menolong, ramah, dan sebagainya.
Anak memaknai dirinya sebagai bagian dari bangsa dan negaranya dengan menunjukkan semangat etnosentrisme. Definisi etnosentrisme di sini disempitkan pada sikap menunjukkan preferensi terhadap bangsa dan negaranya sendiri di banding yang lain. Hal ini, menurut Tajfel dkk. disebabkan oleh pengalaman anak berinteraksi dengan sikap dan perilaku yang memang menunjukkan preferensi terhadap bangsa dan negaranya. Artinya, anak akan cenderung melekatkan sikap dan perilaku yang menurutnya baik sebagai bagian dari skap dan perilaku bangsanya.
Di skala nasional, rasa cinta yang bernapaskan etnosentrisme dapat berfungsi sebagai media promosi kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa. Schaefer (2006) menilai perilaku merendahkan bangsa dan negara atau budaya lain dapat menumbuhkan semangat patriotik bagi suatu bangsa. Bangsa Indonesia cukup akrab dengan bentuk cinta tanah air yang bernapaskan etnosentrisme ini
Pemuda Indonesia harus mampu mengambil peran yang signifikan dalam merespon berbagai persoalan yang tengah dihadapi bangsa ini. Untuk itu pemuda Indonesia haruslah memiliki akhlak mulia, sehat, cerdas, terampil, berprestasi dan berdaya saing serta memiliki komitmen untuk memajukan bangsa.
3
C. PENANAMAN MORAL, DASAR MENTAL BANGSA
Sejak era reformasi digulirkan, tampaknya belum membuat negeri ini menjadi lebih baik dan keluar dari masalah prinsipal. Permasalahan hukum, ekonomi kerakyatan, lapangan kerja, perburuhan, utang luar negeri, korupsi dan lainnya masih menjadi pemandangan yang menghiasi pemberitaan media. Justru dari sini mata makin terbuka menyaksikan pembongkaran fenomena nyata yang terjadi di negeri tercinta.
Permasalahannya kompleks dan hanya bisa diatasi setelah melalui berbagai pendekatan sosial. Muncul pertanyaan, bagaimana keluar dari persoalan ini. Setelah berganti kepemimpinan yang semula diharapkan dapat membereskan problematika ini ternyata belum pula mampu mengatasinya.
Satu hal yang penting yaitu terletak pada dunia pendidikan. Pendidikan paling mendasar adalah moral. Pembenahan kurikulum belum menyentuh pendidikan budi pekerti dan mengasah kepekaan rasa. Masyarakat lebih cenderung menggunakan akal bukan rasa. Padahal keberhasilan seseorang dalam mengelola diri, terletak pada keseimbangan antara pengelolaan rasa dan olah pikir.
Contoh, masuknya kesenian dalam kurikulum seharusnya dapat membangun seseorang untuk mencintai seni dan budaya bangsa, mengolah keindahan melalui apresiasi seni, baik seni musik, tari maupun seni rupa..
Melalui pengajaran Bahasa Jawa sebagai muatan lokal, mestinya bertujuan anak mengenal, mencintai dan bisa menerapkan bahasa dan budaya Jawa secara penuh dengan ajaran moral dan budi pekerti.
Melalui PKn dapat menumbuhkan jiwa anak untuk cinta tanah air, hidup berbangsa dan bernegara, memahami perjalanan sejarah bangsa sehingga menumbuhkan kecintaan pada bangsa dan tanah air. Satu hal penting dan sudah ditinggalkan adalah tidak pernah diperdengarkan lagu-lagu perjuangan dan lagu nasional.
Padahal lagu-lagu tersebut sebenarnya sangat ampuh untuk membangkitkan kecintaan pada tanah air dan bangsa serta lingkungan. Alangkah baiknya bila melalui dunia pendidikan disisipkan pendidikan bermoral dan berbangsa agar generasi muda kelak tumbuh kecintaannya pada tanah air. Mereka tidak rela kalau negeri ini diporak-porandakan oleh demo anarkis.
Tidak rela pula kalau hutan minyak, kekayaan laut dan keanekaragaman budaya dijarah bangsa asing. Mereka akan membela bangsa dengan tulus ikhlas dan tidak materialistis. Sifat materialistis ini tampaknya sudah menggerogoti alam pikiran. Semua yang dilakukan diperhitunkan dengan uang untuk kepentingan dan pemenuhan ambisi diri.

4


D . PEMBANGUNAN NASIONAL
Pembangunan Nasional dilaksanakan di dalam rangka pembangunan Manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia. Pembangunan pendidikan merupakan bagian dari Pembangunan Nasional. Di dalam garis-garis besar haluan Negara ditetapkan bahwa pendidikan nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa, kecerdasan dan keterampilan, mempertinggi budi pekerti, memperkuat kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan dan cinta tanah air, agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.
Garis-garis Besar Haluan Negara juga menegaskan bahwa generasi muda yang di dalamnya termasuk para siswa adalah penerus cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan nasional yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar 1945.
Mengingat tujuan pendidikan dan pembinaan generasi muda yang ditetapkan baik di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 maupun di dalam garis-garis besar Haluan Negara amat luas lingkupnya, maka diperlukan sekolah sebagai lingkungan pendidikan yang merupakan jalur pendidikan formal yang sangat penting dan strategis bagi upaya mewujudkan tujuan tersebut, baik melalui proses belajar mengajar maupun melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler.
E.  CARA CINTA TANAH AIR
1. Bangga menjadi orang Indonesia
Tidak ada yang lebih membanggakan selain menjadi orang Indonesia. Negara yang diakui orang karena keramahan rakyat, kekayaan alam, gotong royong, dan budayanya. Tuhan memberikan negeri ini banyak kenikmatan, makanya kita harus bersyukur.
5
2. Melestarikan Budaya.
Indonesia memiliki banyak kebudayaan dari sabang sampai merauke. Ini membuat Indonesia memiliki beraneka ragam kebudayaan. Meskipun begitu masyarakat Indonesia tetap hidup dengan rukun.
3. Menggunakan Produk Lokal
Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang kreatif, banyak produk Indonesia yang diekspor keluar negeri, karena kualitas produk Indonesia tidak kalah dengan buatan luar negeri.mari kita galakkan penggunaan produk produk dalam negeri. Selain memang bagus kualitasnya, kita juga akan membantu perekonomian dan pengangguran – pengangguran yang semakin banyak sejak industri dalam negeri gulung tikar.
4. Hemat Energi.
Dunia sekarang mengalami krisis energi, jadi kita harus menghemat energi demi kehidupan bersama. Kita juga harus memanfaatkan sumber daya alam yang ada.
5. Harumkan nama Bangsa.
Menjaga nama baik negara merupakan mengharumkan nama bangsa, apalagi kalau kita berprestasi di tingkat dunia. Baik melalui olah raga, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan lain-lain.
6

F. KESIMPULAN
Generasi “founding fathers” pada masa penjajahan berhasil membangkitkan rasa cinta tanah air dan bangsa yang pada akhirnya berhasil memerdekakan bangsa Indonesia. Kalau saja rasa cinta tanah air dan bangsa sekali lagi bisa menjadi faktor yang memotivasi bangsa Indonesia, ada kemungkinan bangsa Indonesia akan bisa bangkit kembali dengan masyarakatnya bisa menghasilkan karya-karya yang membanggakan kita sebagai bangsa Individu yang memiliki rasa cinta pada tanah airnya akan berusaha dengan segala daya upaya yang dimilikinya untuk melindungi, menjaga kedaulatan, kehormatan dan segala apa yang dimiliki oleh negaranya.
Rasa cinta tanah air inilah yang mendorong perilaku individu untuk membangun negaranya dengan penuh dedikasi. Oleh karena itu, rasa cinta tanah air perlu ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap individu yang menjadi warga dari sebuah negara atau bangsa agar tujuan hidup bersama dapat tercapai.
Cinta tanah air sebaiknya ditanamkan pada setiap jiwa warga Negara Indonesia sejak dini, karena akan berdampak baik bagi kita semua dikemudian hari.

Minggu, 06 Januari 2013




 
                                                                   SOAL

1)  Uraikan secara singkat mengenai definisi informasi yang kamu ketahui, kebutuhan informasi yang sangat mendasar bagi suatu perusahan dalam mengembangkan manajemennya
jawab :
Informasi adalah sebuah data yang telah diolah menjadi sebuah fakta untuk bermanfaat dalam pengambilan keputusan.
kebutuhan informasi yang mendasar bagi suatu perusahaan contohnya PT . LION AIR
Mendengarkan kebutuhan publik terutama mengenai masalah kendaraan mobil dengan
Merancang kendaraan yang ramah lingkungan di masa depan. Dengan kendaraan pionir berteknologi mesin hybrid elektrik/gas,  tentang mesin yang menggunakan tenaga yang berasal dari oksigen, dimana hasil buangannya berupa air. Dan dengan teknologi yang menjamin keselamatan terbaru, seperti sistem pengenalan pejalan kaki, komunikasi antar kendaraan dan radar keselamatan  sebelum tabrakan, para ahli berkarya untuk membuat kendaraan yang aman bagi semua orang yang mempunyai Tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan. sehingga manajemen berusaha untuk perbaikan berkelanjutan dan yang bisa dirasakan perbaikanya dari hari ke hari, di setiap aspek kehidupan dari produk mereka buat.

2)  Sebutkan dan jabarkan 5 bentuk sumber yang dikelola oleh seorang manajemen ?
jawab :
1. Manusia
karna manusia berperan penting sebagai pengelolah informasi dan pengatur dalam sebuah proses manajemen perusahaan dan menjadi user bagi perusahaan.
2. Material
salah satu sumber produktifitas yang dikelola manajer untuk menjadikan sebuah barang modal  yang nantinya dapat di transaksikan untuk dapat dinikmati orang lain
3. Mesin    
sebuah alat untuk penyempurnaan proses dari mentah yang diolah sehingga akan mendatangkan keuntungan dari hasil proses yang dilakukan serta bisa membantu dalam kelancaran proses kegiatan dalam sebuah perusahaan.
4. Uang        
modal untuk dalam penunjang aktifitas dan produktivitas dalam suatu proses manajemen perusahaan
5. Informasi
 
merupakan data data yang sangat penting untuk mengelolah setiap data yang masuk sehingga dapat lebih mengembangkan manajemen perusahaanya dan meminimalisir kesalahan

3)  Element lingkungan adalah organisasi atau individual yang berada diluar perusahaan dan mempunyai pengaruh langsung dan tidak langsung pada perusahaan.
Sebut dan jelaskan element-element lingkungan manakah yang dapat secara mudah berhubungan dengan perusahaan yang menggunakan transmisi elektronik ?
jawab :
1. Internet
dengan adanya internet jangkauan perusahaan menjadi luas sehingga mereka mengetahui tentang pasar modal, pengiriman barang dan pendistribusian barang dengan baik secara mendunia
2. Telepon / Handphone
sebuah media untuk memudahkan perusahaan untuk saling berhubungan dengan perusahaan lain ataupun konsumen perusahaan tersebut
3. Faximille/Telegram
sebuah alat yang dimiliki perusahaan untuk mengirimkan atau menerima informasi terkait walaupun prosesnya terlampau lama setidaknya bisa menggantikan proses pengolahan data informasi secara manual.
4. Jaringan Komputer Kabel/Nirkabel
jaringan komputer yang dapat digunakan secara optimal disetiap perusahaan bersama konsumen untuk menjalin sebuah kerjasama manajemen yang baik sehingga dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dari produk perusahaan tesebut

Rabu, 19 Desember 2012

ABSTRAKSI TUGAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


ABSTRAKSI

 

ASTINUS PASKANDO.31111271
APLIKASI ADMINISTRASI TOKO INDOMOTOR MENGGUNAKAN PROGRAM VISUAL BASIC.
Tugas PI. Jurusan manajemen Informatika,Fakultas Ilmu Komputer,Universitas Gunadarma,2012
Kata Kunci : Visual Basic

( +   +Lampiran)


           Penulisan ilmiah ini bertujuan untuk menambah keterampilan serta memperluas wawasan diri guna bekal masuk dalam dunia kerja. Dengan aplikasi administrasi Toko Indomotor semoga dapat mempermudah perusahaan mengetahui jenis-jenis dan harga produk perusahaan serta membantu mengontrol jumlah laba yang akan di dapat oleh perusahaan Indomotor.

           Metode penulisan ilmiah ini menggunakan program Visual Basic.Net  untuk membuat  aplikasi dan mengumpulkan data yaitu dengan cara pendekatan wawancara untuk meminta data secara langsung (data primer) berupa laporan keuangan yang akan dianalisis melalui penelitian perpustakaan yaitu dengan mencari dan mempelajari literatur-literatur yang berkaitan dengan penulisan ilmiah ini.

            Untuk mengetahui secara jelas tentang analisis sumber dan penggunaan dana  modal kerja, maka dibuat penulisan ilmiah tentang aplikasi administrasi Toko Indomotor. Dengan terbuatnya penulisan ilmiah ini diharapkan dapat bermanfaat serta berguna bagi Toko Indomotor  dalam hal laporan keuangannya, sehingga dapat memperjelas penggunaan dana yang sebaik mungkin dalam perusahaan.

2012

Kamis, 29 November 2012

MACAM MACAM PEMPROSESAN DATA




1.      Sebutkan macam macam pemrosesan data! Jelaskan!
Pemrosesan data elektronik/elektronik data processing (EDP)  Adalah metode dalam suatu pemrosesan data komersial sebagai bagian dari  teknologi informasi. EDP melakukan pemrosesan data secara berulang kali terhadap data yang sejenis  dengan bentuk pemrosesan yang relatif sederhana.
2.      Jelaskan Peranan alat Input, Output, Software , dalam memecahkan masalah!
·         Peralatan input dan output penting bagi manager terutama dalam memberikan
            komunikasi antara manager dengan komputer.
·         Peralatan input, seperti unit MIRC dan ORC memberikan cara untuk memasukkan
            data ke dalam database, baik ketika terjadi transaksi atau tak lama 
            kemudian.
·         Banyak unit output yang digunakan dalam pemecahan masalah secara tidak
            langsung.
·         Manager akan meminta anggota staf untuk mengumpulkan informasi dari rekaman
            microfilm dan kemudian menampilkan ringkasannya dalam bentuk laporan tertulis.
3.      Pengertian E-Commerce
  
A.Pengertian E-comerce Secara sederhana E-commere dapat diartikan sebagai konsep penerapan E-bussines sebagai strategi jual-beli barang dan jasa melalui jaringan elektronik dan biasanya melibatkan transaksi data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Hal ini disebabkan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi baik dalam segi efisiensi serta keamanannya, sehinnga memunculkan ide-ide gagasan untuk menjadikan teknologi informasi itu sebagai media untuk melakukan pemasaran, promosi, bahkan transakasi data yang dianggap bisa lebih effisien dan mempermudah transaksi jual-beli.
 
B.     keuntungan E-comerce
Berikut adalah beberapa keunggulan e-commerce :
·         tidak mengenal adanya batasan tempat karena transaksi bisa terjadi walaupun konsumen dan penjual berada di tempat yangberlainan
·         mengefisiensikan waktu karena tidak mengenal batasan atau setiap transaksi e-commerce bisa dilakukan selama 24 jam.
·         Lebih sedikitnya pegawai yang dibutuhkan untuk melakukan transaksi sehingga dapat mengikis anggaran pengeluaran perusahaan penjual.
C.     Kerugian E-comerce
Berkut merupakan kekurangan dari penerapan e-commerce :
·          sering terjadinya penipuan seperti fiktif credit card, atau terkadang penipuan penjual terhadap pelanggan karena hokum yang mengatur tentang e-commerce masih belum terlalu berkembang.
·         Konsumen tidak dapat melihat langsung kondisi barang yang akan dibeli
·         Mempersempit lapangan pekerjaan karena industri e-commerce tidak membutuhkan banyak  pegawai untuk melayani transaksi.
4.      A .Apa yang anda ketahui tentang file, sebut dan jelaskan Tipe File!
                 File yaitu himpunan seluruh record yang berhubungan.
                  Tipe File :
·         File Induk, file terpenting yang berisi record-record yang sangat di
                        perlukan dalam perusahaan . Di bagi menjadi dua, yaitu :
                        File Induk Statis : Jarang berubah nilainya, contoh : data karyawan
                        File Induk Dinamis : recordnya sering berubah sebagai hasil dari
                        transaksi,
                        contoh : file persediaan barang
·         File Transaksi, digunakan untuk merekam data yang diperoleh dari suatu
                        transaksi, seperti fike transaksi penjualan atau registrasi pengambilan 
                        mata kuliah.

·         File Laporan, disebut juga file output yang berisi informasi yang merupakan
                        hasil pengolahan data yang ada.
·         File Histori, disebut juga file srsip yang berisi data masa lalu yang sudah
                        tidak aktif lagi, tapi masih disimpan.
·         File Salinan, berisi salinan dari file-file yang masih aktif di dalam
                        database pada kurun waktu tertentu.
         B. Bagaimana system pengorganisasian database tradisional berproses!
             Sistem pengorganisasian database masih terpisah-pisah antara database
             satu dengan database lainnya, sehingga banyak akibat negative yang
             ditimbulkan, antara lain :
·         Redudansi atau duplikasi data. Menyebabkan informasi menjadi kurang
                        akurat, bahkan terjadi perbedaan karena data yang satu sudah di
                        perbaharui sementara duplikatnya belum.
·         Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang di gunakan untuk
            mengolah masing-masing database yang di bangun.
·         Ketergantungan terhadap program aplikasi tertentu yang menyebabkan SI
yang terbentuk menjadi kurang fleksibel.
·         Keterpisahan database satu dengan lainnya mengakibatkan tingkat
keamanan data menjadi rendah.
·         Penggunaan data bersama sangat kurang sehingga database kurang dapat
            dieksplorasi/ diolah untuk menghasilkan laporan-laporan manajeral
lintas depatremental.
5.      Jelaskan tiga tingkat representasi data dan jelaskan!
 
           1. Level penyajian penampakan, representasi hasil pengolahan database
               menggunakan SI dalam format yang mudah di pahami oleh pemakai.
 
           2. Level konseptual, memperlihatkan file-file data yang dibuat dan 
               hubungannya satu sama lain dalam sebuah lingkungan database.
          3. Level fisik, tahap terendah dari abstraksi data yang memperlihatkan struktur
             dan jenis data serta bagaimana data tersebut di simpan dan 
             diorganisasikan dalam media penyimpanan.

Kamis, 15 November 2012

Tugas Minggu ke 2 #SIM


TUGAS MINGGU KE 2                     

 Beberapa tentang penjelasan dari pendekatan sistem

Langkah 1: Memandang perusahaan sebagai suatu sistem.
Perusahaan harus mampu melihat perusahaannya sebagai suatu sistem. Hal ini dapat dicapai dengan menggunakan model sistem umum perusahaan.
Langkah 2 : Mengenali sistem lingkungan.
Lingkungan adalah alasan utama keberadaan perusahaan. Pemilik perusahaan melihat perlunya penyediaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan lingkungan, dan menanamkan modalnya sehingga perusahaan dapat melaksanakan aktivitas ini. Lingkungan kemudian meyediakan sumber daya yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa. Elemen – elemen lingkungan seperti : pemerintah, masyarakat global, pelanggan, pesaing, pemegang saham, serikat buruh, pemasok, masyarakat keuangan.
Langkah 3 : Mengidentifikasi subsistem perusahaan.
Subsistem-subsistem pada perusahaan ini berupa subsistem sumber daya manusia, subsistem pelayanan informasi, subsistem keuangan, subsistem manufaktur. Jika manajer dapat melihat perusahaan sebagai suatu system yang terdiri dari subsistem-subsistem, dan system itu berada dalam suatu lingkungan, maka orientasi system telah tercapai.
Usaha Definisi
Langkah 4 : Bergerak dari tingkat sistem ke subsistem.
Manajer mempelajari posisi system yang dihubungkan dengan lingkungannya. Apakah berada dalam keseimbangan atau tidak. Kemudian mempelajari subsistemnya, apakah berjalan lancar atau tidak.
Langkah 5 : Menganalisis bagian sistem dalam urutan tertentu.
Mengevaluasi standar, membandingkan output system dengan standar, mengevaluasi manajemen, mengevaluasi pemroses informasi, mengevaluasi input dan sumber daya input, mengevaluasi proses transformasi, mengevaluasi sumber daya output.
Usaha Solusi
Langkah 6 : Mengidentifikasi solusi alternative.
Misalnya dengan brainstorming (tukar pikiran), joint application design (rancangan aplikasi bersama), group decision support system (system pendukung keputusan secara berkelompok).
Langkah 7 : Mengevaluasi solusi alternative.
Semua alternative harus dievaluasi dengan menggunakan criteria evaluasi yang sama, yang mengukur seberapa baik suatu alternative dapat memecahkan masalah.
Langkah 8 : Memilih solusi terbaik.
Dapat dilakukan dengan 3 cara : analisis, penilaian, tawar menawar.
Langkah 9 : Menerapkan solusi terbaik.
Selain memilih solusi pemecahan masalah yang terbaik, perusahaan juga harus menerapkan solusi tersebut.
Langkah 10 : Membuat tindak lanjut untuk memastikan bahwa solusi itu efektif.
Manajer harus tetap memantau cara kerja dalam penggunaan solusi yang ada, agar apabila ada masalah dalam prosesnya maka manajer dapat mengulang prosesnya sekali lagi.

                    Beberapa sifat peolahan data yang membedakan dengan aplikasi lain.

·         menjalankan tugas penting
·         mengikuti prosedur standar secara relative
·         mendapatkan data yang lengkap.
·         Mempunyai focus historisa yang palin utama
·         Memberikan informasi pemecahan masalah minimal.


Contoh sebuah system pakar
·                         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSIS PENYAKIT KANKER PAYUDARA DENGAN METODE BACKWARD CHAINING DAN FORWARD CHAINING
·         RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR JENIS KUCING MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR
·         SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT HEPATITIS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE FUZZY
·         RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT LUPUS BERBASIS WEB
·         RANCANG BANGUN APLIKASI SISTEM PAKAR KERUSAKAN HANDPHONE MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PADA INDERA MANUSIA DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER
·         PERANCANGAN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA SINDROMA PERMENTRUASI (PMS) DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WEB
·         SISTEM PAKAR MENDETEKSI ANJING KINTAMANI ASLI BERBASIS WEB DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT DIABETES MELLITUS DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT HIV (HUMAN IMMUNODEFICIENCY VIRUS) DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER
·         SISTEM PAKAR MENENTUKAN JENIS BANGUNAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS WEB
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA KANKER REKTUM DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER
·         IMPLEMENTASI SISTEM PAKAR DI BIDANG KEDOKTERAN UNTUK MENDIAGNOSIS JENIS PENYAKIT TIROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)
·         SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT RABIES PADA HEWAN BERBASIS WEB DENGAN METODE CASE BASED REASONING
·         SISTEM PAKAR DIAGNOSA DIABETES NEFROPATHY DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEB
·         SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA PENYAKIT TUMOR TULANG DENGAN METODE FUZZY LOGIC
·         RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PARU-PARU BERBASIS WEB DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI JENIS KAYU MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER PADA UD.BUCU SARI BERBASIS WINDOWS MOBILE
·         APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KISTA PADA WANITA MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT KANKER OTAK PADA MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER
·         SISTEM PAKAR MENENTUKAN PROGRAM LATIHAN UNTUK PEMBENTUKAN OTOT DI BALI FITNES GENERATION MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING BERBASIS WEB
·         APLIKASI SISTEM PAKAR TES KEPRIBADIAN MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER-SHAFER
·         SISTEM PAKAR UNTUK MENDETEKSI KERUSAKAN HARDWARE KOMPUTER DENGAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS WINDOWS MOBILE
·         SISTEM PAKAR MENENTUKAN JENIS TANAMAN PANGAN YANG COCOK UNTUK DITANAM BERDASARKAN JENIS ZAT YANG TERKANDUNG DALAM TANAH DIKABUPATEN TABANAN MENGGUNAKAN METODE CLUSTERING BERBASIS WEB
·         RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR TROUBLESHOOTING KERUSAKKAN KOMPUTER DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFFER BERBASIS WEB
·         SISTEM PAKAR MENDETEKSI PENYAKIT PADA TANAMAN TOMAT DENGAN METODE DEMPSTER-SHAFER BERBASIS WEB